Minggu, 27 Maret 2011

8 tips yang sekiranya dapat dipertimbangkan sebagai upaya persiapan dalam menghadapi UN/US 2010/2011.



  • Hadapilah ujian dengan tenang dan proporsional.                                                                           Bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui.  Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalani dg senang





  • Bersikaplah Proaktif
    Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yg menentukan keberhasilan maupun kegagalan dalam menjalani hidup ini (termasuk dlm menghadapi UN).





  • Buatlah Rencana
    Menghadapi UN dapat diibaratkan sebagai jembatan menuju sukses.
    Sepatutnya kita buat rencana atau bahan UN pusat dng bahan ujian dari sekolah, antara bahan kls 1, 2, 3, pelajaran hitungan / hafalan aturlah pelajaran tersebut secara teratur & sistematis. Model belajar semacam ini akan meringankan     & lebih mengefektifkan otak.





  • Perbanyaklah Baca dan  Latihan.
    Dengan kita sering membaca & berlatih mengerjakan soal-soal kita akan jadi terlatih dan terbiasa menjawab pertanyaan dng tepat dan cepat. Jadi kita nggak grogi atau cemas dlm menghadapi soal Ujian.





  • Belajar KelompokPara siswa dari pada banyak bermain dan buang2 waktu  Dng percuma, lebih baik manfaatkanlah dng cara belajar kelompok dengan teman sekolah atau teman sekitar rumah. 





  • Efektifkan Belajar di sekolah 
    Banyak siswa yg hadir ke kelas dengan alakadarnya (sekedar datang).Tidak mengoptimalisasikan dirinya untuk meraih hasil terbaik. Bertanya, berdialog dan berdebatlah kepada untuk memperkuat pemahaman kita tentang pelajaran
    .




  • Mohon Do’a Restu dari Orang tua.
    Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UN 2011 sebagai ajanguntuk mempersembahkan yg terbaik buat orang tua tercinta.
    Mohon do’a restulah kepada kedua orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran dlm mengerjakan soal. Orang tua kita pasti senang & mendo’akan kita yg sedang berjuang menghadapi UN.





  • Berdo’alah Pada Tuhan
    Adalah sombong yg beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha & kerja keras kita, tanpa keikutsertaan sang pencipta (Allah). Untuk itu dng segala kerendahan diri dan hati dihadapan-Nya, kita panjatkan do’a agar diberi kesehatan, Kemudahan dan kelulusan dalam ujian nanti.
    Tuhan maha tahu dan mendengar dan mengabulkan do’a hamba-hambanya.



    Wallahu a'lam
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar